- Setiap akan mengajar, saya selalu mempersiapkan rencana pembelajaran yang akan saya laksanakan dengan perasaan enjoy.
- Benar sekali
- Benar
- Kadang-kadang
- Tidak demikian
- Sangat tidak demikian
- Saya menyadari betul bahwa dalam setiap mengajar, saya harus mempersiapkan materi yang akan diajarkan dengan penuh keseriusan.
- Sangat setuju
- Setuju
- Belum tentu
- Tidak setuju
- Sangat tidak setuju
- Tujuan proses pembelajaran, tidak perlu dirumuskan sebelumnya sebab secara otomastis persepsi para siswa dengan sendirinya akan mengarah kesana.
- Sangat setuju
- Setuju
- Belum tentu
- Tidak setuju
- Sangat tidak setuju
- Materi yang akan diajarkan harus disesuaikan dengan tingkat kemampuan murid–murid.
- Sangat setuju
- Setuju
- Belum tentu
- Tidak setuju
- Sangat tidak setuju
- Saya rasakan besar sekali manfaatnya jika dalam persiapan mengajar, saya menggunakan buku-buku rujukan yang dianjurkan dalam kurikulum.
- Benar sekali
- Benar
- Kadang-kadang
- Tidak demikian
- Sangat tidak demikian
- Untuk memudahkan, saya terbiasa menentukan urut–urutan kegiatan pembelajaran yang akan saya laksanakan.
- Benar sekali
- Benar
- Kadang-kadang
- Tidak demikian
- Sangat tidak demikian
- Bentuk-bentuk kegiatan siswa dalam proses pembelajaran biasanya berlangsung sesuai situasi dan kondisi pada saat itu.
- Benar sekali
- Benar
- Kadang-kadang
- Tidak demikian
- Sangat tidak demikian
- Secara formal menentukan alokasi waktu dalam perencanaan proses pembelajaran itu perlu, walaupun tidak sesuai dengan kenyataan.
- Benar sekali
- Benar
- Kadang-kadang
- Tidak demikian
- Sangat tidak demikian
- Pemilihan metode mengajar yang tepat akan sangat membantu dalam memudahkan mencapai tujuan proses pembelajaran.
- Sangat setuju
- Setuju
- Belum tentu
- Tidak setuju
- Sangat tidak setuju
10. Saya sudah terbiasa dalam setiap akan mengajar tidak menentukan media apa yang akan saya gunakan.
- Benar sekali
- Benar
- Kadang-kadang
- Tidak demikian
- Sangat tidak demikian
11. Bentuk dan teknik terserah guru yang penting menurut saya, pelaksanaan tes untuk mengetahui daya serap siswa terhadap apa yang telah diajarkan perlu dilakukan.
- Sangat setuju
- Setuju
- Belum tentu
- Tidak setuju
- Sangat tidak setuju
12. Dalam mengajar saya selalu mengacu pada rencana pembelajaran yang telah saya susun sebelumnya.
- Benar sekali
- Benar
- Kadang-kadang
- Tidak demikian
- Sangat tidak demikian
13. Agar siswa belajar lebih baik, saya merasa perlu mengarahkan perhatian mereka kepada tujuan dan pokok bahasan yang sedang diajarkan.
- Benar sekali
- Benar
- Kadang-kadang
- Tidak demikian
- Sangat tidak demikian
14. Lebih baik kita menunda pokok bahasan yang kurang dikuasai daripada kita mengajarkan hal–hal yang tidak pasti.
- Sangat setuju
- Setuju
- Belum tentu
- Tidak setuju
- Sangat tidak setuju
15. Untuk memudahkan dan memperlancar pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan, berikanlah contoh-contoh yang relevan.
- Sangat setuju
- Setuju
- Belum tentu
- Tidak setuju
- Sangat tidak setuju
16. Tanggapan dan komentar siswa selama proses pembelajaran, perlu kita simak baik-baik, selanjutnya kita ramu menjadi satu kesimpulan.
- Sangat setuju
- Setuju
- Belum tentu
- Tidak setuju
- Sangat tidak setuju
17. Disamping mengejar target kurikulum, saya mempertimbangkan tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang saya ajarkan.
- Benar sekali
- Benar
- Kadang-kadang
- Tidak demikian
- Sangat tidak demikian
18. Dalam mengajar, saya rasa perlu memodivikasi metoda yang direncanakan sesuai dengan situasi kelas.
- Sangat setuju
- Setuju
- Belum tentu
- Tidak setuju
- Sangat tidak setuju
19. Saya kurang memperhatikan pentingnya penggunaaan media dalam mengajar, karena merasa direpotkan saja.
- Benar sekali
- Benar
- Kadang-kadang
- Tidak demikian
- Sangat tidak demikian
20. Sebelum proses pembelajaran dimulai, saya sering mengatur kelas dengan harapan agar siswa dapat belajar dengan baik.
- Benar sekali
- Benar
- Kadang-kadang
- Tidak demikian
- Sangat tidak demikian
21. Saya selalu berusaha menggunakan waktu mengajar sesuai dengan alokasi waktu yang telah direncanakan sebelumnya.
- Benar sekali
- Benar
- Kadang-kadang
- Tidak demikian
- Sangat tidak demikian
22. Saya rasa ada baiknya memanfaatkan berbagai alat pembelajaran dan alat bantu lainnya yang ada untuk menunjang kelancaran pembelajaran.
- Sangat setuju
- Setuju
- Mungkin
- Tidak setuju
- Sangat tidak setuju
23. Saya merasa puas jika kesempatan bertanya yang saya berikan dapat dimanfaatkan oleh setiap siswa.
- Benar sekali
- Benar
- Kadang-kadang
- Tidak demikian
- Sangat tidak demikian
24. Pertanyaan–pertanyaan yang dapat merangsang dan membangkitkan aktivitas belajar siswa, perlu mendapat perhatian setiap guru dalam mengajar.
- Sangat setuju
- Setuju
- Mungkin
- Tidak setuju
- Sangat tidak setuju
25. Pemberian pujian atau penghargaan harus selektif, yaitu khusus kepada siswa yang benar-benar berprestasi saja.
- Sangat setuju
- Setuju
- Mungkin
- Tidak setuju
- Sangat tidak setuju
26. Wajar jika guru memperlalukan beda terhadap siswa yang pintar dengan yang bodoh.
- Sangat setuju
- Setuju
- Mungkin
- Tidak setuju
- Sangat tidak setuju
27. Penjelasan atau tanggapan terhadap pertanyaan siswa yang menyimpang dari materi yang sedang dibahas perlu dilakukan untuk memperjelas materi yang sedang dibahas.
- Sangat setuju
- Setuju
- Mungkin
- Tidak setuju
- Sangat tidak setuju
28. Selama proses pembelajaran, tanamkan keyakinan pada setiap guru bahwa seluruh siswa yang ada dihadapanya memiliki tingkat kemampuan yang sama.
- Sangat setuju
- Setuju
- Mungkin
- Tidak setuju
- Sangat tidak setuju
29. Bila saya tidak tahu jawaban terhadap pertanyaan yang diajukan siswa, saya cenderung untuk menangguhkan jawabannya guna mencari jawaban yang tepat
- Benar sekali
- Benar
- Kadang-kadang
- Tidak demikian
- Sangat tidak demikian
30. Setiap selesai mengajar, saya perlu memberikan tugas–tugas yang relevan untuk dikerjakan siswa di rumah.
- Benar sekali
- Benar
- Kadang-kadang
- Tidak demikian
- Sangat tidak demikian
31. Pemeriksaan tugas-tugas siswa perlu dilakukan, tapi juga hendaknya mempertimbangkan waktu dan tenaga yang terbatas.
- Benar sekali
- Benar
- Kadang-kadang
- Tidak demikian
- Sangat tidak demikian
32. Saya mempertimbangkan untuk tidak mengembalikan tugas-tugas siswa yang telah selesai saya periksa.
- Benar sekali
- Benar
- Kadang-kadang
- Tidak demikian
- Sangat tidak demikian
33. Kebiasaan mengingatkan, menegur, atau memberi sangsi kepada siswa yang tidak disiplin dalam penyelesaian tugas-tugas, merupakan tindakan yang positif.
- Benar sekali
- Benar
- Kadang-kadang
- Tidak demikian
- Sangat tidak demikian
34. Saya selalu berusaha agar soal–soal evaluasi yang saya buat dapat mewakili seluruh materi yang telah diajarkan.
- Benar sekali
- Benar
- Kadang-kadang
- Tidak demikian
- Sangat tidak demikian
35. Penyusunan soal-soal evaluasi sudah tidak perlu lagi mempertimbangkan tingkat kesulitan tiap soal.
- Benar sekali
- Benar
- Kadang-kadang
- Tidak demikian
- Sangat tidak demikian
36. Melaksanakan dua – tiga kali ulangan harian dan satu kali ulangan umum dalam satu catur wulan, saya anggap sudah cukup baik.
- Benar sekali
- Benar
- Kadang-kadang
- Tidak demikian
- Sangat tidak demikian
37. Dalam menentukan nilai akhir, perlu juga mempertimbangkan faktor-faktor lain walaupun cenderung subjektif.
- Benar sekali
- Benar
- Kadang-kadang
- Tidak demikian
- Sangat tidak demikian
38. Nilai ulangan bukan satu-satunya nilai dalam mengukur tingkat kerberhasilan proses pembelajar an.
- Benar sekali
- Benar
- Kadang-kadang
- Tidak demikian
- Sangat tidak demikian
39. Saya tidak terlalu peduli pada rekan sejawat yang memiliki bank soal. Saya sendiri lebih suka membuat soal-soal baru.
- Benar sekali
- Benar
- Kadang-kadang
- Tidak demikian
- Sangat tidak demikian
40. Tingkat keberhasilan dari seluruh rangkaian proses pembelajaran dapat pula dijadikan ukuran tentang tingkat profesionalisme guru dalam mengajar.
- Benar sekali
- Benar
- Kadang-kadang
- Tidak demikian
- Sangat tidak demikian
terima kasih ilmunya, sangat bermanfaat.