2. Sikap Gr…PBM

  1. Setiap akan mengajar, saya selalu mempersiapkan rencana pembelajaran yang akan saya laksanakan dengan perasaan enjoy.
    1. Benar sekali
    2. Benar
    3. Kadang-kadang
    4. Tidak demikian
    5. Sangat tidak demikian
    6. Saya menyadari betul bahwa dalam setiap mengajar, saya harus mempersiapkan materi yang akan diajarkan dengan penuh keseriusan.
      1. Sangat setuju
      2. Setuju
      3. Belum tentu
      4. Tidak setuju
      5. Sangat tidak setuju
      6. Tujuan proses pembelajaran, tidak perlu dirumuskan sebelumnya sebab secara otomastis persepsi para siswa dengan sendirinya akan mengarah kesana.
        1. Sangat setuju
        2. Setuju
        3. Belum tentu
        4. Tidak setuju
        5. Sangat tidak setuju
        6. Materi yang akan diajarkan harus disesuaikan dengan tingkat kemampuan murid–murid.
          1. Sangat setuju
          2. Setuju
          3. Belum tentu
          4. Tidak setuju
          5. Sangat tidak setuju
  2. Saya rasakan besar sekali manfaatnya jika dalam persiapan mengajar, saya menggunakan buku-buku rujukan yang dianjurkan dalam kurikulum.
    1. Benar sekali
    2. Benar
    3. Kadang-kadang
    4. Tidak demikian
    5. Sangat tidak demikian
    6. Untuk memudahkan, saya terbiasa menentukan urut–urutan kegiatan pembelajaran yang akan saya laksanakan.
      1. Benar sekali
      2. Benar
      3. Kadang-kadang
      4. Tidak demikian
      5. Sangat tidak demikian
      6. Bentuk-bentuk kegiatan siswa dalam proses pembelajaran biasanya berlangsung sesuai situasi dan kondisi pada saat itu.
        1. Benar sekali
        2. Benar
        3. Kadang-kadang
        4. Tidak demikian
        5. Sangat tidak demikian
  3. Secara formal menentukan alokasi waktu dalam perencanaan proses pembelajaran itu perlu, walaupun tidak sesuai dengan kenyataan.
    1. Benar sekali
    2. Benar
    3. Kadang-kadang
    4. Tidak demikian
    5. Sangat tidak demikian
    6. Pemilihan metode mengajar yang tepat akan sangat membantu dalam memudahkan mencapai tujuan proses pembelajaran.
      1. Sangat setuju
      2. Setuju
      3. Belum tentu
      4. Tidak setuju
      5. Sangat tidak setuju

10.  Saya sudah terbiasa dalam setiap akan mengajar tidak menentukan media apa yang akan saya gunakan.

  1. Benar sekali
  2. Benar
  3. Kadang-kadang
  4. Tidak demikian
  5. Sangat tidak demikian

11.  Bentuk dan teknik terserah guru yang penting menurut saya, pelaksanaan tes untuk mengetahui daya serap siswa terhadap apa yang telah diajarkan perlu dilakukan.

  1. Sangat setuju
  2. Setuju
  3. Belum tentu
  4. Tidak setuju
  5. Sangat tidak setuju

12.  Dalam mengajar saya selalu mengacu  pada rencana pembelajaran yang telah saya susun sebelumnya.

  1. Benar sekali
  2. Benar
  3. Kadang-kadang
  4. Tidak demikian
  5. Sangat tidak demikian

13.  Agar siswa belajar lebih baik, saya merasa perlu mengarahkan perhatian mereka kepada tujuan dan pokok bahasan yang sedang diajarkan.

  1. Benar sekali
  2. Benar
  3. Kadang-kadang
  4. Tidak demikian
  5. Sangat tidak demikian

14.  Lebih baik kita menunda pokok bahasan yang kurang dikuasai daripada kita mengajarkan hal–hal yang tidak pasti.

  1. Sangat setuju
  2. Setuju
  3. Belum tentu
  4. Tidak setuju
  5. Sangat tidak setuju

15.  Untuk memudahkan dan memperlancar pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan, berikanlah contoh-contoh yang relevan.

  1. Sangat setuju
  2. Setuju
  3. Belum tentu
  4. Tidak setuju
  5. Sangat tidak setuju

16.  Tanggapan dan komentar siswa selama proses pembelajaran, perlu kita simak baik-baik, selanjutnya kita ramu menjadi satu kesimpulan.

  1. Sangat setuju
  2. Setuju
  3. Belum tentu
  4. Tidak setuju
  5. Sangat tidak setuju

17.  Disamping mengejar target kurikulum, saya mempertimbangkan tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang saya ajarkan.

  1. Benar sekali
  2. Benar
  3. Kadang-kadang
  4. Tidak demikian
  5. Sangat tidak demikian

18.  Dalam mengajar, saya rasa perlu memodivikasi metoda yang direncanakan sesuai dengan situasi kelas.

  1. Sangat setuju
  2. Setuju
  3. Belum tentu
  4. Tidak setuju
  5. Sangat tidak setuju

19.  Saya kurang memperhatikan pentingnya penggunaaan media dalam mengajar, karena merasa direpotkan saja.

  1. Benar sekali
  2. Benar
  3. Kadang-kadang
  4. Tidak demikian
  5. Sangat tidak demikian

20.  Sebelum proses pembelajaran dimulai, saya sering mengatur kelas dengan harapan agar siswa dapat belajar dengan  baik.

  1. Benar sekali
  2. Benar
  3. Kadang-kadang
  4. Tidak demikian
  5. Sangat tidak demikian

21.  Saya selalu berusaha menggunakan waktu mengajar sesuai dengan alokasi waktu yang telah direncanakan sebelumnya.

  1. Benar sekali
  2. Benar
  3. Kadang-kadang
  4. Tidak demikian
  5. Sangat tidak demikian

22.  Saya rasa ada baiknya memanfaatkan berbagai alat pembelajaran dan alat bantu lainnya yang ada untuk menunjang kelancaran pembelajaran.

  1. Sangat setuju
  2. Setuju
  3. Mungkin
  4. Tidak setuju
  5. Sangat tidak setuju

23.  Saya merasa puas jika kesempatan bertanya yang saya berikan dapat dimanfaatkan oleh setiap siswa.

  1. Benar sekali
  2. Benar
  3. Kadang-kadang
  4. Tidak demikian
  5. Sangat tidak demikian

24.  Pertanyaan–pertanyaan yang dapat merangsang dan membangkitkan aktivitas belajar siswa, perlu mendapat perhatian setiap guru dalam mengajar.

  1. Sangat setuju
  2. Setuju
  3. Mungkin
  4. Tidak setuju
  5. Sangat tidak setuju

25.  Pemberian pujian atau penghargaan harus selektif, yaitu khusus kepada siswa yang benar-benar berprestasi saja.

  1. Sangat setuju
  2. Setuju
  3. Mungkin
  4. Tidak setuju
  5. Sangat tidak setuju

26.  Wajar jika guru memperlalukan beda terhadap siswa yang pintar dengan yang bodoh.

  1. Sangat setuju
  2. Setuju
  3. Mungkin
  4. Tidak setuju
  5. Sangat tidak setuju

27.  Penjelasan atau tanggapan terhadap pertanyaan siswa yang menyimpang dari materi yang sedang dibahas perlu dilakukan untuk memperjelas materi yang sedang dibahas.

  1. Sangat setuju
  2. Setuju
  3. Mungkin
  4. Tidak setuju
  5. Sangat tidak setuju

28.  Selama proses pembelajaran, tanamkan keyakinan pada setiap guru bahwa seluruh siswa yang ada dihadapanya memiliki tingkat kemampuan yang sama.

  1. Sangat setuju
  2. Setuju
  3. Mungkin
  4. Tidak setuju
  5. Sangat tidak setuju

29.  Bila saya tidak tahu jawaban terhadap pertanyaan yang diajukan siswa, saya cenderung untuk menangguhkan jawabannya guna mencari jawaban yang tepat

  1. Benar sekali
  2. Benar
  3. Kadang-kadang
  4. Tidak demikian
  5. Sangat tidak demikian

30.  Setiap selesai mengajar, saya perlu memberikan tugas–tugas yang relevan untuk dikerjakan siswa di rumah.

  1. Benar sekali
  2. Benar
  3. Kadang-kadang
  4. Tidak demikian
  5. Sangat tidak demikian

31.  Pemeriksaan tugas-tugas siswa perlu dilakukan, tapi juga hendaknya mempertimbangkan waktu dan tenaga yang terbatas.

  1. Benar sekali
  2. Benar
  3. Kadang-kadang
  4. Tidak demikian
  5. Sangat tidak demikian

32.  Saya mempertimbangkan untuk tidak mengembalikan tugas-tugas siswa yang telah selesai saya periksa.

  1. Benar sekali
  2. Benar
  3. Kadang-kadang
  4. Tidak demikian
  5. Sangat tidak demikian

33.  Kebiasaan mengingatkan, menegur, atau memberi sangsi kepada siswa yang tidak disiplin dalam penyelesaian tugas-tugas, merupakan tindakan yang positif.

  1. Benar sekali
  2. Benar
  3. Kadang-kadang
  4. Tidak demikian
  5. Sangat tidak demikian

34.  Saya selalu berusaha agar soal–soal evaluasi yang saya buat dapat mewakili seluruh materi yang telah diajarkan.

  1. Benar sekali
  2. Benar
  3. Kadang-kadang
  4. Tidak demikian
  5. Sangat tidak demikian

35.  Penyusunan soal-soal evaluasi sudah tidak perlu lagi mempertimbangkan tingkat kesulitan tiap soal.

  1. Benar sekali
  2. Benar
  3. Kadang-kadang
  4. Tidak demikian
  5. Sangat tidak demikian

36.  Melaksanakan dua – tiga kali ulangan harian dan satu kali ulangan umum dalam satu catur wulan, saya anggap sudah cukup baik.

  1. Benar sekali
  2. Benar
  3. Kadang-kadang
  4. Tidak demikian
  5. Sangat tidak demikian

37.  Dalam menentukan nilai akhir, perlu juga mempertimbangkan faktor-faktor lain walaupun cenderung subjektif.

  1. Benar sekali
  2. Benar
  3. Kadang-kadang
  4. Tidak demikian
  5. Sangat tidak demikian

38.  Nilai ulangan bukan satu-satunya nilai dalam mengukur tingkat kerberhasilan proses pembelajar an.

  1. Benar sekali
  2. Benar
  3. Kadang-kadang
  4. Tidak demikian
  5. Sangat tidak demikian

39.  Saya tidak terlalu peduli pada rekan sejawat yang memiliki bank soal. Saya sendiri lebih suka membuat soal-soal baru.

  1. Benar sekali
  2. Benar
  3. Kadang-kadang
  4. Tidak demikian
  5. Sangat tidak demikian

40.  Tingkat keberhasilan dari seluruh rangkaian proses pembelajaran dapat pula dijadikan ukuran tentang tingkat profesionalisme guru dalam mengajar.

  1. Benar sekali
  2. Benar
  3. Kadang-kadang
  4. Tidak demikian
  5. Sangat tidak demikian

Satu pemikiran pada “2. Sikap Gr…PBM

Tinggalkan komentar