GONJANG-GANJING KETIDAK JUJURAN UN : TINGGAL KENANGAN

Hampir pada setiap penyelenggaraan Ujian Nasional, pada beberapa tahun terakhir, selalu memunculkan cerita tentang gonjang-ganjing ketidak jujuran walaupun sangat sulit dibuktikan kebenarannya.

Apapun yang terjadi, itu masa lalu !

Sejak Peraturan BSNP Nomor : 0011/P/BSNP/XII/2011 tentang Prosedur Operasional Standar Ujian Nasional Tahun 2012 disosialisasikan pada seluruh jajaran Penyelengara Ujian Nasional tingkat Satuan Pendidikan sepekan sebelum pelaksanaan oleh Panitia UN Kabupaten Kuningan, seluruh Penyelenggara Ujian Nasional di tingkat Satuan Pendidikan menyimpulkan bahwa sistem dan mekanisme penyelengaraan UN tahun ini akan merupakan yang terbaik.

Dari seluruh rangkaian kegiatan UN, mulai dari persiapan sampai dengan pelaporan akhir, yang biasa paling banyak menimbulkan gonjang-ganjing yaitu pada saat pelaksanaan. Katanya soal bocor, katanya ada tim sukses, katanya ada penyebaran kunci jawaban, dan sejumlah gonjang-ganjing lainnya. Kini, di Ujian Nasional 2012 gonjang-ganjing itu sangat diyakini tidak akan terjadi.

Pertama, pengadaan naskah soal secara nasional sentral di satu titik.

Kedua, pengepakan naskah soal lebih rapih dan sangat baik.

  • Setiap Amplop naskah soal per ruang dan amplop LJUN per ruang yang dibawa pengawas ruangan ke ruang ujian, dimasukan pada amplop khusus dan disegel atas bawah;
  • LJUN yang telah diisi peserta, oleh pengawas ruangan dimasukan pada amplop LJUN (yang baru) dan disegel atas bawah;
  • Seluruh amplop LJUN dari pengawas ruangan, oleh panitia dimasukan pada amplop khusus sesuai program (IPA/IPS/BHS) dan disegel atas bawah disaksikan oleh Kepolisian dan Tim Pemantau Indefenden dari Perguruan Tinggi.

Amplop kemasan yang terakhir inilah yang diserahkan oleh Pokja ke Sub Rayon. Selanjutnya Panitia Sub Rayon dan Panitia UN Kabupaten melakukan pengemasan terakhir untuk diserahkan hari itu juga ke Panitia UN Provinsi.

Ketiga, seluruh jajaran yang terlibat langsung pada penyelenggaraan UN, wajib menandatangani pakta integritas kejujuran. Dan ini secara psikologis akan sangat positif untuk tidak melakukan kecurangan.

Keempat, selama pelaksanaan UN berlangsung yang dizinkan masuk ruangan hanya peserta dan pengawas ruangan.

Dengan prosedur pelaksanaan ujian nasional seperti tersebut diatas, maka di Ujian Nasional Tahun 2012 ini gonjang-ganjing ketidak jujuran tinggal kenangan.

Semoga pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2012 dapat berjalan lancar, aman dan sukses. ***

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s