Quesioner

KUESIONER PENELITIAN

 

PENGANTAR

  1. Kuesioner ini bertujuan untuk mendapat informasi tentang Iklim Organisasi Sekolah tempat bapak/ibu bertugas di sekolah.
  2. Jawaban bapak/ibu akan dipergunakan bagi kepentingan penelitian ini, sehingga kerahasiaannya sangat terjaga.
  3. Bapak/ibu dimohon untuk memberi penilaian terhadap Iklim Organisasi Sekolah, dengan cara menyatakan pendapat, berupa:

– SL           = Selalu

– SR           = Sering

– KD          = Kadang-kadang

– JR            = Jarang

– TP           = Tidak pernah

  1. Nyatakanlah pendapat bapak/ibu dengan membubuhkan tanda chekliss (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat bapak/ibu.
  2. Bapak/ibu dimohon untuk mengisi pernyataan.

 

DESKRIPSI  IKLIM  ORGANISASI  SEKOLAH

NO

DESKRIPSI

PILIHAN PENDAPAT

SL SR KD JR TP

1.

Kepala Sekolah bersikap ramah terhadap bawahan          

2.

Dalam melaksanakan tugas dan kegiatan, secara gotong royong          

3.

Waktu luang di sekolah, dimanfaatkan untuk diskusi dan humor          

4.

Bertukar informasi dengan bawahan tentang pribadi dan keluarga          

5.

Merasa senang menerima saran/masukan dari bawahan, mengenai pengelolaan sekolah          

6.

Memiliki rasa humor yang tinggi          

7.

Merangsang terjadinya komunikasi yang baik dengan bawahan          

8.

Mengingatkan bawahan dengan halus, jika bawahan bekerja tidak sesuai dengan ketentuan          

9.

Mengajak bawahan untuk berdiskusi tentang kemajuan sekolah          

10.

Memperhatikan kinerja dan kebutuhan bawahan          

11.

Berusaha untuk memahami sifat dan karakter bawahan          

12.

Memberikan kesempatan kepada bawahan untuk mengajukan saran dan pendapat          

13.

Setiap kegiatan sekolah, dibicarakan bersama dengan bawahan          

14.

Tidak merasa tersinggung, jika berbeda pendapat dengan bawahan          

15.

Memberi kesempatan kepada bawahan, untuk kreatif dalam pelaksanaan KBM          

16.

Menghargai prestasi dan hasil karya bawahan orang lain          

17.

Memberi kesempatan kepada bawahan untuk mengembangkan insiatif          

18.

Tidak memiliki perasaan lebih tinggi daripada bawahannya          

19.

Membagi tugas dan tanggung jawab piket di sekolah kepada bawahan secara bijaksana          

20.

Memberikan perhatian yang adil dan merata berupa materi/non materi kepada bawahan          

21.

Memperhatikan seluruh lingkungan sekolah, baik fisik maupun non fisik          

22.

Mengajak bawahan, untuk menata sekolah dengan baik dan indah          

23.

Memberi kesempatan kepada bawahan, untuk menata kelasnya sesuai yang diharapkan          

24.

Meminta masukan kepada bawahan, untuk bersama-sama memikirkan dan menata sekolah          

25.

Bersama-sama bawahan memelihara sekolah dan lingkungan dengan rutin, khususnya masalah K3.          

26

Menyenangi suasana aman.          

27

Menyenangi suasana indah.          

28

Menyenangi suasana tentram.          

29

Tak ragu untuk bergotong royong.          

30

Memperhatikan suasana kelas dan sekolah.          

 

 

DESKRIPSI KINERJA GURU

PENGANTAR

  1. Kuesioner ini bertujuan untuk mendapat informasi tentang kinerja guru di sekolah Bapak/Ibu lakukan.
  2. Jawaban bapak/ibu akan dipergunakan bagi kepentingan penelitian, sehingga kerahasiaannya sangat terjaga.
  3. Dibawah ini terdapat beberapa pernyataan yang berhubungan dengan kinerja guru. Bapak/Ibu dimohon untuk mengisi yang sesuai, dengan cara memilih:

– SL           = Selalu

– SR           = Sering

– KD          = Kadang-kadang

– JR            = Jarang

– TP           = Tidak pernah

  1. Nyatakanlah pendapat bapak/ibu dengan membubuhkan tanda cheklist (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat bapak/ibu.
  2. Bapak/ibu dimohon untuk mengisi pernyataan.

 

NO

DESKRIPSI

PILIHAN PENDAPAT

SL SR KD JR TP

1.

Setiap akan melaksanakan tugas KBM, saya mempersiapkan sehari sebelumnya.          

2.

Mempersiapkan dan melengkapi alat pelajaran yang dibutuhkan untuk pelaksanaan KBM          

3.

Merencanakan dan mempersiapkan tugas KBM secara berkelanjutan          

4.

Memberi teladan kepada siswa dalam berperilaku dan bicara          

5.

Berupaya meningkatkan kemampuan diri dibidang pekerjaan          

6.

Memberikan dan melakukan penataan ruangan kelas yang mendukung kebersihan KBM          

7.

Menciptakan suasana yang tenang dan serius dalam mengelola KBM          

8.

Mengelola kelas agar KBM berhasil serta memanfaatkan waktu secara cermat          

9.

Membimbing dan membantu siswa dalam KBM agar siswa berhasil dalam belajar          

10.

Melakukan pengamatan dan penilaian terhadap perilaku belajar siswa dalam KBM          

11.

Memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi dan menegur siswa yang melanggar aturan          

12.

Memberikan pelayanan khusus kepada siswa yang mengalami kesulitan atau kelambanan dalam belajar          

13.

Menarik perhatian dan merangsang minat belajar siswa dalam KBM          

14.

Menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan bahan/materi pelajaran dan situai pada waktu itu          

15.

Mengenal struktur program kurikulum yang berlaku          

16.

Melaksanakan perbaikan yang rutin dalam proses KBM demi keberhasilan pendidikan          

17.

Mengenali para siswa dan mempelajari sifat serta karakteristiknya          

18.

Membina siswa agar mengerjakan tugas-tugas pembelajaran yang diberikan guru          

19.

Melakukan evaluasi terhadap keberhasilan belajar siswa          

20.

Mengelola administrasi pendidikan kelas, sesuai ketentuan dan tepat waktu          

21.

Setiap akan melakukan tugas KBM, berpakaian yang rapih dan bersih, sehingga berkesan bagi siswa          

22.

Melakukan evaluasi diri, setiap langkah yang telah dilakukan          

23.

Menampilkan sikap dan perilaku yang konsekuen dan disiplin serta emosi yang stabil          

24.

Mewujudkan hubungan yang serasi dan harmonis dengan siswa, sesama guru dan Kepala Sekolah          

25.

Melakukan pertemuan/diskusi dengan Kepala Sekolah dan sesama guru dalam mengatasi kesulitan KBM.          

26.

Ada perhatian dari atasan.          

27.

Bisa mengatasi permasalahan yang ada.          

28.

Ada usaha mencari jalan keluar dari permaslahan.          

29.

Ada keinginan memperbaiki sistem.          

30.

Tidak ragu mengikuti perkembangan.          

 

RAMBU-RAMBU INSTRUMEN PENELITIAN

 

VARIABEL IKLIM ORGANISASI SEKOLAH (X)

No

Indikator Variabel

Deksriptor

No. Item

1.

Hubungan Kepala Sekolah dan Guru
  1. Sopan santu
  2. Gotong royong
  3. Pemanfaatan waktu luang
  4. Saling mengenal
  5. Aspiratif
  6. Iklim harmonis
  7. Komunikasi dua arah
  8. Saling mempengaruhi
  9. Dialogis
  10. Memperhatikan sesama

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

2.

Kondisi Kerja
  1. Pemahanan pribadi
  2. Kebebasan berpendapat
  3. Kooperatif
  4. Bijaksana
  5. Kesempatan mengembangkan diri
  6. Saling menghargai
  7. Kesempatan berinisiatif
  8. Perasaan berkelompok
  9. Tanggung jawab
  10. Kegairahan

 

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

3

Suasana Lingkungan Fisik
  1. Memperhatikan keindahan lingkungan
  2. Penataan sekitar sekolah
  3. Penataan ruang kelas
  4. Perencanaan bersama
  5. Pemeliharaan K3

21

22

23

24

25

 

 

 

VARIABEL KINERJA GURU (Y)

No

Indikator Variabel

Deksriptor

No. Item

1.

Kemampuan Personal Guru
  1. Mempersiapkan diri
  2. Melengkapi alat
  3. Persiapan tugas berikutnya
  4. Keteladanan
  5. Meningkatkan kemampuan diri
  6. Penataan kelas

1

2

3

4

5

6

2.

Kemampuan Profesional
  1. Kondisi kelas
  2. Pengelolaan kelas
  3. Kegiatan bimbingan
  4. Pengamatan
  5. Reward dan Punishmen
  6. Pelayanan khusus
  7. Minat belajar siswa
  8. Metode pembelajaran
  9. Penguasaan Kurikulum
  10. Program perbaikan
  11. Penguasaan siswa
  12. Melatih
  13. Evaluasi siswa
  14. Administrasi kelas

 

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

3

Kemampuan sosial
  1. Penampilan diri
  2. Evaluasi diri
  3. Sikap dan perilaku
  4. Hubungan yang harmonis
  5. Saling membantu

21

22

23

24

25

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s