GAMBARAN UMUM DARI PERILAKU GURU

NO PERILAKU YANG EFEKTIF PERILAKU YANG TDK EFEKTIF
1 Tanggap, menampakan antusiasme   Apatis, tumpul/tidak kreatif, menampakan sikap bosen
2 Menumbuhkan ketertarikan pada murid dan aktivitas kelas   Menampakkan sikap tidak tertarik/tidak bersemangat di hadapan murid dan aktivitas kelas
3 Bersikap gembira dan optimis   Tegang, pesimis dan menampakan sikap tidak bahagia / murung
4 Kontrol diri yang baik, dan tidak mudah marah   Kehilangan control dan mudah marah
5 Suka bercanda dan memiliki rasa humor   Terlalu serius dan tidak santai dalam menghadapi humor
6 Mengenali dan mengakui kesalahan sendiri   Tidak tanggap/ sadar pada kesalahan dan kelalaian sendiri
7 Adil, tidak memihak, dan bersikap objektif dalam memperlakukan murid   Tidak adil dan berpihak dalam menyelesaikan masalah diantara murid
8 Sabar   Tidak sabar
9 Menunjukkan sikap yang bijak dan simpati dalam berinteraksi dengan murid   Mudah tersinggung pada murid, menggunakan kata-kata kasar, serta tidak menampakan kepekaan/sikap simpati pada murid
10 Ramah/bersahabat dan santun dalam berhubungan dengan murid   Menjaga jarak dalam berhubungan dengan murid
11 Membantu murid dengan sentuhan personal sebaik kita menangani persoalan-persoalan pendidikan   Nampak tidak peduli dengan kebutuhan dan masalah pribadi murid
12 Memberi komentar dan penghargaan pada murid yang melaksanakan tugas dengan baik   Tidak memberi tanggapan pada murid dan tidak mau dikritik
13 Menerima upaya/usaha murid dengan sikap tulus   Mencurigai sikap-sikap/ motivasi-motivasi murid
14 Mengantisipasi reaksi-reaksi dari luar dalam situasi-situasi social/umum   Tidak antisipasif terhadap reaksi orang lain dalam hubungan social
15 Mendorong / menyemangati murid-murid untuk selalu mencoba berbuat yang terbaik   Tidak ada upaya untuk mendorong murid dalam melakukan yang terbaik
16 Mengikuti prosedur di kelas dengan terencana dan termenej dengan baik   Prosedur tidak terencana dan tidak terorganisir
17 Mengikuti prosedur di kelas dengan terencana dan termenej dengan baik   Prosedur tidak terencana dan tidak terorganisir
18 Namun juga memiliki elastisitas dalam menjalankan keseluruhan rencana dan prosedur yang sudah direncanakan   Menunjukkan sikap yang sangat kaku dalam melaksanakan atuaran, ketidakmampuan dalam mejalankan rencana
19 Tanggap dan antisipatif pada kebutuhan-kebutuhan perorangan (kebutuhan khusus)   Gagal memahami teknik mengajar dengan materi yang tidak menarik
20 Menstimulasi murid melalui materi-materi dan teknik-teknik yang menarik dan orisinal   Menggunakan teknik mengajar dengan materi yang tidak menarik
21 Memberi pengarahan dengan jelas, contoh dengan praktis dan memberi keterangan dengan jelas   Demonstrasi dan penjelasan yang tidak jelas dan tidak terarah
22 Jelas dan seksama / teliti dalam memberikan pengarahan   Arahan tidak selesai dan membingungkan
23 Mendorong murid-murid untuk bekerja fokus hanya pada persoalan mereka, dan mengevaluasi yang telah mereka capai setelah itu   Gagal memberikan murid kesempatan menyelesaikan dan mengevaluasi masalah mereka sendiri
24 Disiplin, tenang, bersikap menghadapi, dan bersikap positif   Lalai, gugup, mengabaikan dan curiga
25 Memberi pertolongan dengan tangan terbuka   Tak dapat memberikan pertolongan dan memberikan rasa dendam/sakit hati
26 Memprediksi dan mencoba mencari jalan bagi hal-hal potensial yang menimbulkan kesulitan   Tidak mampu memberikan prediksi atau antisipasi pada hal-hal yang menimbulkan kesul;itan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s