GAMBARAN UMUM DARI PERILAKU GURU, Bruce Yoyce cs : “ Method Of Teaching”

NO

PERILAKU YANG TDK EFEKTIF

PERILAKU YANG EFEKTIF

1

Apatis, tumpul/tidak kreatif, menampakan sikap bosen

Tanggap, menampakan antusiasme

2

Menampakkan sikap tidak tertarik/tidak bersemangat di hadapan murid dan aktivitas kelas

Menumbuhkan ketertarikan pada murid dan aktivitas kelas

3

Tegang, pesimis dan menampakan sikap tidak bahagia / murung

Bersikap gembira dan optimis

4

Kehilangan control dan mudah marah

Kontrol diri yang baik, dan tidak mudah marah

5

Terlalu serius dan tidak santai dalam menghadapi humor

Suka bercanda dan memiliki rasa humor

6

Tidak tanggap/ sadar pada kesalahan dan kelalaian sendiri

Mengenali dan mengakui kesalahan sendiri

7

Tidak adil dan berpihak dalam menyelesaikan masalah diantara murid

Adil, tidak memihak, dan bersikap objektif dalam memperlakukan murid

8

Tidak sabar

Sabar

9

Mudah tersinggung pada murid, menggunakan kata-kata kasar, serta tidak menampakan kepekaan/sikap simpati pada murid

Menunjukkan sikap yang bijak dan simpati dalam berinteraksi dengan murid

10

Menjaga jarak dalam berhubungan dengan murid

Ramah/bersahabat dan santun dalam berhubungan dengan murid

11

Nampak tidak peduli dengan kebutuhan dan masalah pribadi murid

Membantu murid dengan sentuhan personal sebaik kita menangani persoalan-persoalan pendidikan

12

Tidak memberi tanggapan pada murid dan tidak mau dikritik

Memberi komentar dan penghargaan pada murid yang melaksanakan tugas dengan baik

13

Mencurigai sikap-sikap/ motivasi-motivasi murid

Menerima upaya/usaha murid dengan sikap tulus

14

Tidak antisipasif terhadap reaksi orang lain dalam hubungan social

Mengantisipasi reaksi-reaksi dari luar dalam situasi-situasi social/umum

15

Tidak ada upaya untuk mendorong murid dalam melakukan yang terbaik

Mendorong / menyemangati murid-murid untuk selalu mencoba berbuat yang terbaik

16

Prosedur tidak terencana dan tidak terorganisir

Mengikuti prosedur di kelas dengan terencana dan termenej dengan baik

17

Prosedur tidak terencana dan tidak terorganisir

Mengikuti prosedur di kelas dengan terencana dan termenej dengan baik

18

Menunjukkan sikap yang sangat kaku dalam melaksanakan atuaran, ketidakmampuan dalam mejalankan rencana

Namun juga memiliki elastisitas dalam menjalankan keseluruhan rencana dan prosedur yang sudah direncanakan

19

Gagal memahami teknik mengajar dengan materi yang tidak menarik

Tanggap dan antisipatif pada kebutuhan-kebutuhan perorangan (kebutuhan khusus)

20

Menggunakan teknik mengajar dengan materi yang tidak menarik

Menstimulasi murid melalui materi-materi dan teknik-teknik yang menarik dan orisinal

21

Demonstrasi dan penjelasan yang tidak jelas dan tidak terarah

Memberi pengarahan dengan jelas, contoh dengan praktis dan memberi keterangan dengan jelas

22

Arahan tidak selesai dan membingungkan

Jelas dan seksama / teliti dalam memberikan pengarahan

23

Gagal memberikan murid kesempatan menyelesaikan dan mengevaluasi masalah mereka sendiri

Mendorong murid-murid untuk bekerja fokus hanya pada persoalan mereka, dan mengevaluasi yang telah mereka capai setelah itu

24

Lalai, gugup, mengabaikan dan curiga

Disiplin, tenang, bersikap menghadapi, dan bersikap positif

25

Tak dapat memberikan pertolongan dan memberikan rasa dendam/sakit hati

Memberi pertolongan dengan tangan terbuka

26

Tidak mampu memberikan prediksi atau antisipasi pada hal-hal yang menimbulkan kesul;itan

Memprediksi dan mencoba mencari jalan bagi hal-hal potensial yang menimbulkan kesulitan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s