PERMENDIKNAS NO. 41/2007 STANDAR PROSES KBM

1 Suka mengatur tempat duduk peserta didik 21 memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif can kolaboratif
2 Volume dan intonasi suara guru dalam proses pembelajaran dapat didengar dengan baik 22 memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
3 Tutur kata guru santun dan dapat dimengerti 23 rnenfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
4 Pembahasan  materi pelajaran disesuaikan dengan kece­patan dan kemampuan belajar peserta didik 24 memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan kreasi; kerja individual maupun kelompok
5 Menciptakan ketertiban, kedisiplinan, kenyamanan, dan keselamatan, dalam menyelenggarakan proses pembelajaran 25 memfasilitasi peserta didik melakukan pamer­an, turnamen, festival, serta produk yang diha­silkan
6 Memberikan penekanan dan umpan balik terhadap respons dan hasil belajar peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung 26 memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa per­caya diri peserta didik
7 Menghargai pendapat peserta didik 27 memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,  isyarat, maupunhadiah terhadap keberhasilan peserta didik
8 Memakai pakaian yang sopan, bersih, dan rapi 28 memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplo­rasi dan elaborasi peserta didik melalui ber­bagai sumber
9 Pada tiap awal semester, guru menyampaikan silabus mata pelajaran yang diampunya 29 memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
10 Memulai dan mengakhiri proses pembelajaran sesuai dengan waktu  yang dijadwalkan 30 berfungsi sebagai nara sumber dan fasilita­tor dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan be­nar
11 mengkondisikan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran 31 membantu menyelesaikan masalah
12 mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengait­kan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari 32 memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi
13 menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai pada awal pelaran 33 memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh
14 menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai  silabus 34 memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
15 melibatkan peserta didik dalam mencari informasi tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dari sumber lain 35 bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
16 menggunakan beragam metode pembela­jaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain 36 melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsis­ten dan terprogram
17 Mengkondisikan  terjadinya interaksi antarpeserta didik, antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya 37 memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
18 membiasakan peserta didik membaca dan me­nulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna 38 merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedial, program pengayaan, layan­an konseling dan/atau memberikan tugas, baik tu­gas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
19 Pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memuncul­kan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis 39 menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
20 memberi kesempatan untuk berpikir, menga­nalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
About these ads

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s