STANDAR KOMPETENSI GURU

prof-6.jpgPENGERTIAN

Kompetensi diartikan sebagai pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai dasar yang direflesikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak. Dengan demikian, kompetensi yang dimiliki oleh setiap guru akan menunjukkan kualitas guru yang sebenarnya.

Kompetensi tersebut akan terwujud dalam bentuk penguasaan pengetahuan dari perbuatan secara profesional dalam menjalankan fungsi sebagai guru.

Berdasarkan pengertian tersebut, maka Standar Kompetensi Guru adalah suatu ukuran yang ditetapkan atau dipersyaratkan dalam bentuk penguasaan pengetahuan dan perilaku perbuatan bagi seorang guru agar berkelayakan untuk menduduki jabatan fungsional sesuai bidang tugas, kualifikasi, dan jenjang pendidikan.

TUJUAN

Standar Kompetensi Guru bertujuan untuk memperoleh acuan baku dalam pengukuran kinerja guru untuk mendapatkan jaminan kualitas guru dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran.

Dengan demikian, Standar Kompetensi Guru berfungsi sebagai :

1.       Tolok ukur semua pihak yang berkepentingan di bidang pendidikan dalam rangka pembinaan, peningkatan kualitas dan penjenjangan karir guru.

2.       Meningkatkan kinerja guru dalam bentuk kreatifitas, inovasi, keterampilan, kemandirian, dan tanggung jawab sesuai dengan jabatan profesional.

 prof-7.jpgKOMPONEN STANDAR KOMPETENSI GURU

A.      Pengelolaan Pembelajaran

1.       Penyusunan rencana pembelajaran

a.       Mampu mendeskripsikan tujuan pembelajaran.

b.      Mampu memilih / menentukan materi

c.      Mampu mengorganisir materi

d.      Mampu menentukan metode / strategi pembelajaran.

e.      Mampu menyusun perangkat penilaian

f.       Mampu menentukan teknik penilaian

g.      Mampu mengalokasikan waktu

2.       Pelaksanaan interaksi belajar mengajar

a.       Mampu membuka pelajaran

b.      Mampu menyajikan materi

c.      Mampu menggunakan metode strategi

d.      Mampu menggunakan alat peraga / media

e.      Mampu menggunakan bahasa yang komunikatif

f.       Mampu memotivasi siswa

g.      Mampu mengorganisasi kegiatan

h.      Mampu berinteraksi dengan siswa secara komunikatif

i.        Mampu menyimpulkan pembelajaran

j.        Mampu memberikan umpan balik

k.      Mampu melaksanakan penilaian

l.        Mampu menggunakan waktu

3.       Penilaian prestasi belajar peserta didik

a.       Mampu memilih soal berdasarkan tingkat kesukaran

b.      Mampu memilih soal berdasarkan tingkat pembeda

c.      Mampu memperbaiki soal yang tidak valid

d.      Mampu memeriksa jawaban

e.      Mampu mengklasifikasikan hasil – hasil penilaian

f.       Mampu mengolah dan menganalisis hasil penilaian

g.      Mampu menyusun laporan hasil penilaian

h.      Mampu membuat interpretasi kecenderungan hasil penilaian

i.        Mampu menentukan korelasi antar soal berdasarkan hasil penilaian

j.        Mampu mengidentifikasi tingkat variasi hasil penilaian

k.      Mampu menyimpulkan dari hasil penilaian secara jelas dan logis.

4.       Pelaksanaan tindak lanjut hasil penilaian prestasi belajar peserta didik

a.       Menysusn program tindak lanjut hasil penilaian

b.      Mengklasifikasikan kemampuan siswa

c.      Mengidentifikasi kebutuhan tindak lanjut hasil penilaian

d.      Melaksanakan tindak lanjut

e.      Mengevaluasi hasil tindak lanjut hasil penilaian

f.       Menganalisis hasil evaluasi program tindak lanjut hasil penilaian

B.      Pengembangan Potensi

1.       Pengembangan Profesi

a.       Mengikuti informasi perkembangan IPTEK yang mendukung profesi melalui berbagai kegiatan ilmiah

b.      Mengalihbahasakan buku pelajaran / karya ilmiah

c.      Mengembangkan berbagai model pembelajaran

d.      Menulis makalah

e.      Menulis / menyusun diktat pelajaran

f.       Menulis buku pelajaran

g.      Menulis modul pelajaran

h.      Menulis karya ilmiah populer

i.        Melakukan penelitian ilmiah (action research)

j.        Menemukan teknologi tepat guna

k.      Membuat alat peraga / media

l.        Menciptakan karya seni

m.    Mengikuti pelatihan terakreditasi

n.      Mengikuti pendidikan kualifikasi

o.      Mengikuti kegiatan pengembangan kurikulum

C.      Penguasaan Akademik

1.       Pemahaman wawasan kependidikan

a.       Memahami visi dan misi pendidikan nasional

b.      Memahami hubungan pendidikan dan pengajaran

c.      Memahami konsep pendidikan dasar dan menengah

d.      Memahami fungsi sekolah

e.      Mengidentifikasi permasalahan umum pendidikan dalam hal proses dan hasil pendidikan

f.       Membangun sistem yang menunjukkan keterkaitan pendidikan sekolah dan luar sekolah

2.       Penguasaan bahan kajian Akademik

a.       Memahami struktur pengetahuan

b.      Menguasai substansi materi

c.      Menguasai substansi khusus sesuai dengan jenis pelayanan yang dibutuhkan siswa.

PROSES PEMBELAJARAN

1.       Berpusat pada peserta didik

2.       Mengembangkan kreativitas peserta didik

3.       Menciptakan kondisi menyenangkan dan menantang

4.       Mengembangkan beragam kemampuan yang bermuatan nilai

5.       Menyediakan pengalaman belajar yang beragam

6.       Belajar melalui berbuat (Modus Pengalaman Belajar)

 

PENILAIAN BERBASIS KELAS (PBK)

1.       Meliputi Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor

2.       Berorientasi pada kompetensi

3.       Mengacu pada patokan (Criterion Reference Assessment)

4.       Ketuntasan belajar

5.       Menggunakan berbagai cara

6.       Valid, adil, terbuka, dan berkesinambungan

PENGALAMAN BELAJAR

Pengalaman belajar merupakan aktivitas belajar yang harus dilakukan oleh siswa dalam rangka mencapai penguasaan standar kompetensi, kemampuan dasar, dan materi pembelajaran

 

TEMPAT :

·         Di dalam kelas

·         Di luar kelas


PENDEKATAN :

·         Teaching – Learning

·         * Menumbuhkan rasa dari tidak tahu menjadi mau tahu

·         * Guru sebagai pelatih dan fasilitator

 

MODUS PENGALAMAN BELAJAR

Tingkat daya serap modus pengalaman belajar

v      10 % melalui membaca,

v      20 % melalui mendengar,

v      30 % melalui melihat,

v      50 % melalui melihat dan mendengar,

v      70 % melalui perkataan/ucapan,

v      90 % melalui perkataan/ucapan dan perbuatan

 

 

PROFIL KOMPETENSI LULUSAN SMA

1.       Aspek Kognitif

Menguasai ilmu, teknologi dan kemampuan akademik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi

 

2.       Aspek Afektif, Siswa memiliki :

C Keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sesuai ajaran agama masing-masing

C Memiliki nilai-nilai etika dan estetika

C Memiliki nilai-nilai demokrasi, toleransi dan humaniora

 

 

3.       Aspek Psikomotor

a.       Memiliki keterampilan berkomunikasi, kecakapan hidup dan mampu beradaptasi dengan perkembangan lingkungan sosial, budaya dan lingkungan alam baik lokal, regional, maupun global

b.       Memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang bermanfaat untuk melaksanakan tugas/kegiatan sehari-hari

Ciri – ciri guru yang baik.

1.       Memahami dan menghormati murid.

2.       Harus “menghormati” bahan pelajaran yang diberikannya.

3.       Menyesuaikan metode mengajar dengan bahan pelajaran.

4.       Menyesuaikan bahan pelajaran dengan kesanggupan individu.

5.       Mengaktifkan murid dalam hal belajar.

6.       Memberi pengertian dan bukan hanya kata – kata belaka.

7.       Menghubungkan pelajaran dengan kebutuhan murid

8.       Mempunyai tujuan tertentu pada setiap pelajaran yang diberikannya.

9.       Terikat oleh satu textbook, yang lain sebagai pembanding

10.   Tidak hanya mengajar dalam arti menyampaikan pengetahuan saja kepada murid melainkan senantiasa membentuk pribadi anak.

 

Guru paling disukai siswa itu karena :

1.       Suka membantu dalam pekerjaan sekolah,

2.       Menerangkan pelajaran dan tugas dengan jelas serta mendalam dan menggunakan contoh-contoh sewaktu mengajar.

3.       Riang, gembira, mempunyai perasaan humor dan suka menerima lelucon atas dirinya.

4.       Bersikap sahabat, merasa sebagai bagian anggota dalam kelompok kelas.

5.       Ada perhatian pada siswa dan memahami siswa.

6.       Berusaha agar pekerjaan menarik, membangkitkan keinginan bekerja.

7.       Tegas, sanggup menguasai kelas, membangkitkan rasa hormat pada siswa.

8.       Tak pilih kasih, tidak mempunyai anak kesayangan.

9.       Tidak suka mengomel, mencela, sarcastis.

10.   Siswa betul – betul mempelajari sesuatu dari guru itu.

11.   Mempunyai pribadi yang menyenangkan, dan lain lain.

 

Guru itu paling tidak disukai oleh siswa karena :

1.       Terlampau pemarah, tak pernah tersenyum, sarkastis.

2.       Tidak suka membantu murid melakukan pekerjaan sekolah

3.       Tidak jelas pada saat menerangkan pelajaran dan tugas,

4.       Tidak membuat persiapan.

5.       Pilih kasih, menekan siswa tertentu.

6.       Tinggi hati, sombong, tak mengenal siswa.

7.       Tidak karuan, kejam, tidak tolerant, kasar, terlampau keras, menyuramkan kehidupan siswa.

8.       Tidak adil memberi angka dalam ulangan dan ujian.

9.       Tidak menjaga perasaan anak, membentak – bentak siswa dihadapan temannya sekelas,

10.         Siswa merasa tak aman/takut.

11.         Tidak mempunyai perhatian kepada siswa.

12.         Memberi tugas dan pekerjaan rumah yang tak sepantasnya.

13.               Tidak sanggup menjaga disiplin di dalam kelas tidak dapat mengontrol kelas dan tidak memiliki rasa respek untuk dirinya.

 

Program pembelajaran

1.       Hindari indoktrinasi

2.       Hindari paham bahwa hanya ada satu nilai saja yang benar.

3.       Beri anak kebebasan untuk berbicara.

4.       Berilah “peluang” bahwa siswa boleh berbuat salah

5.       Kembangkan cara berpikir ilmiah dan berpikir kritis.

6.       Berilah kesempatan yang luas kepada siswa untuk bermimpi dan berfantasi.

About these ads

Satu pemikiran pada “STANDAR KOMPETENSI GURU

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s